Railing tangga Minimalis

Tangga rumah tanpa railing atau pembatas tangan tangga memang sangat berbahaya, terutama bagi anda yang memiliki anak kecil. Bila anda ingin mencari railing terbaik untuk rumah anda, maka anda akan banyak sekali menemukan jenis railing di pasaran. Railing bisa terbuat dari stainless, kayu, aluminium, dan sebagainya. Tentu saja model yang ditawarkan pun bermacam-macam.

Railing tangga berguna sebagai pegangan tangan anda an juga untuk mencegah anda terjatuh dari tangga. Dengan kata lain railing dapat difungsikan sebagai alat keamanan paling utama bagi tangga rumah anda. Anda bisa memesan railing dengan desain khusus yang anda ingini Kepada Kami.

Disini Indosteel menyediakan aneka kebutuhan rumah anda, termasuk Pagar Rumah, Teralis Jendela, Railing Tangga Minimalis Putar dan Canopy Rumah, yang dikerjakan dengan tenaga ahli yang professional dan dibuat dengan bahan pilihan yang berkualitas.

Gallery

Keunggulan Railing Tangga Minimalis

Detail Keunggulan

Desain Tangga Minimalis dan Railing Tangga Minimalis

Tangga adalah sebuah tempat yang menghubungkan antara bagian atas sebuah bangunan dan bagian bawah sebuah bangunan. Sebuah tangga yang baik tentunya harus memikirkan faktor keamanan pengguna tangga itu sendiri. Salah satu standar keamanan dalam sebuah tangga adalah adanya railing pada tangga, yang tentunya digunakan untuk mengamankan bagian pinggir tangga agar siapapun yang menggunakan tangga tersebut akan merasa aman, dengan menggunakan pegangan tangga tersebut.

Saat ini dengan semakin banyaknya desain sebuah rumah dan semakin sempitnya lahan untuk membuat tangga, maka lahirlah tangga minimalis untuk menyesuaikan tangga minimalis tersebut tentunya dibutuhkan railing tangga minimalis yang sesuai.  Tangga dan juga railing dibuat dengan teknik minimalis dan tentunya tidak terlalu rumit. Namun tetap pada konsep dasar sebuah tangga, yang pastinya ada anak tangga, bordes atau tempat istirahat, tiang utama dan railing atau pagar pada tangga.

Untuk membuat sebuah tangga minimalis dan dengan railing tangga minimalis, tentunya harus disesuaikan dengan konsep rumah itu sendiri. Ada beberapa hal yang perlu dipahami dan dimengerti ketika ingin membuat tangga, agar tangga yang tercipta dapat sesuai dan meyatu dengan konsep rumah itu sendiri.

Model tangga

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah model tangga seperti apa yang akan digunakan untuk rumah atau bangunan tersebut, dimana tangga tersebut akan diletakkan, apakah di dalam rumah atau di luar rumah. Dengan mengetahui hal tersebut tentunya kita juga dapat menyesuaikan railing tangga yang sesuai dengan model tangga tersebut.

Model tangga lurus

Salah satu model tangga yang dapat digunakan untuk rumah model minimalis adalah tangga dengan model lurus, konsep ini juga dapat dipadankan dengan railing tangga dengan konsep minimalis. Model tangga ini lurus dan tidak ada belokan, sehingga tidak memerlukan bordes dan juga tidak ada tiang utama. Model tangga seperti ini cocok untuk rumah yang mempunyai lahan yang luas, atau untuk penggunaan tangga yang tidak terlalu banyak.

Model tangga berbelok huruf L

Ketika kita mempunyai rumah bertingkat dengan lahan yang agak sempit maka gunakan saja  model tangga dengan bentuk L ini. Tangga seperti ini juga cocok diaplikasikan pada desain rumah minimalis dengan menggunakan railing tangga minimalis juga.

Model tangga berbelok arah atau U

Konsepnya hampir sama dengan tangga yang berbentuk U, yang membedakan adalah bagian bawah atau akhir tangga ini lebih luas dibandingkan dengan tangga L atau tangga lurus. Tangga seperti ini biasanya digunakan untuk ruang bawah tanah, gudang atau kamar mandi, namun dapat juga digunakan untuk rumah dengan konsep minimalis.

Model tangga bercabang atau Y

Untuk model tangga bercabang dengan bentuk sepertu huruf Y ini mempunyai tempat untuk beristirahat atau dikenal dengan bordes. Diujung tangga terdapat percabangan ke kiri dan kanan tangga, yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa ruangan. Konsep seperti ini biasanya digunakan pada konsep rumah mewah, namun konsep ini juga dapat digunakan pada desain rumah minimalis, dengan kontur tanah bertingkat-tingkat.

Model tangga spiral

Bentuk tangga ini sangat cocok untuk desain rumah minimalis yang bertingkat. Tangga jenis ini biasanya hanya berukuran 1,5 m x 1,5 m, sehingga tangga ini hanya dapat dilewati oleh 1 orang saja. Untuk material pembuatan tangga ini sangat beragam, dan tentunya dapat disesuaikan dengan konsep rumah, budget dan  keinginan si empunya rumah. Ketika membuat tangga spiral minimalis ini tentunya perlu disesuaikan dengan railing tangga minimalis juga.

Model tangga lingkar

Model tangga ini dapat digunakan pada konsep rumah mewah dan juga dapat digunakan pada konsep rumah minimalis, hanya ukurannya saja yang sedikit berbeda. Bahan yang akan digunakan tentunya juga harus disesuaikan dengan desain rumah itu sendiri, ada yang menggunakan bahan besi dan ada juga yang menggunakan bahan beton. Dengan konsep yang menarik, tentunya akan membuat penampilan tangga dan juga railing juga menarik.

Desain Railing Tangga

Pada dasarnya sebuah tangga membutuhkan pegangan atau penyangga yang disebut dengan railing, desain railing yang ada saat ini sudah sangat berkembang, maka dari itu tidak heran jika tangga yang ada saat ini tidak hanya dapat difungsikan sebagai tangga, namun juga dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya. Untuk desain rumah minimalis tentunya pemanfaatan ruangan sangat diperlukan, dengan konsep tertentu maka ruangan yang ada dapat lebih maksimal. Beberapa tangga tidak hanya digunakan sebagai tangga namun juga dapat digunakan sebagai bagaian atas dari lemari bertingkat.  Namun ada juga beberapa model rumah minimalis yang membiarkan begitu saja bagian bawah tangga, dengan alasan untuk membuat ruangan terkesan lebih luas, konsep tersebut juga tidak salah.

Sedangkan untuk standar sebuah tangga tentunya membutuhkan sebuah pegangan. Sebuah pegangan tangga tidak hanya digunakan sebagai pembatas atau pengaman tangga juga, namun dapat digunakan untuk memperindah tangga dan rumah itu sendiri. Material pegangan tangga yang ada saat ini juga sangat beragam. Khusus untuk desain rumah minimalis, tentunya membutuhkan railing tangga minimalis yang sesuai, dan saat ini railing tangga seperti itu sudah banyak beredar di pasaran.

Salah satu konsep tangga yang unik adalah tangga melayang, dimana tangga terlihat seperti melayang,  tanpa penyangga pada bagian bawah dan hanya mengandalkan dinding sebagai penyangga. Kita juga dapat menambahkan penyangga lain pada bagian sisi lainnya dengan menggunakan material yang tentunya disesuaikan dengan konsep tangga itu sendiri. Seperti ketika kita menggunakan tangga melayang dari bahan kaca, maka railing yang digunakan juga dapat berupa kaca. Saat ini ada beberapa railing tangga minimalis yang dapat dipergunakan untuk mempercantik penampilan sebuah tangga, seperti kaca, kayu dengan ukuran kecil, bambu atau mungkin material lainnya.

Macam-macam bahan anak tangga

Kita juga perlu memikirkan dimana letak tangga tersebut apakah di dalam ruangan atau di luar ruangan. Ada juga beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat membuat sebuah tangga di dalam ruangan dan di luar ruangan. Ketika kita membuat sebuah tangga di luar ruangan maka bahan yang digunakan harus yang tahan lama, seperti dari beton. Penggunaan keramik diperbolehkan asal tidak licin, kita juga perlu memperhitungakn faktor cuaca, ketika hujan turun tentu tangga akan kehujanan dan akan menjadi licin. Penggunaan material tangga dari besi juga dapat digunakan, namun sebaiknya kita memperhitungkan faktor korosi dari besi tersebut apabila terlalu sering terkena sinar matahari dan air hujan.

Ketika kita membuat tangga untuk di dalam ruangan, ada berbagai material yang dapat digunakan. Berikut ini adalah beberapa material anak tangga yang dapat digunakan.

Railing Tangga Kaca

Material seperti ini mungkin terdengar baru dan jarang orang menggunakannya. Namun menggunakan tangga dengan material kaca ini unik dan juga sangat menghemat ruangan. Menggunakan kaca akan membuat ruangan terkesan luas, selai itu menggunakan anak tangga yang terbuat dari kaca membuat penampilan sebuah rumah terlihat elegan, cantik dan juga modern.  Konsep seperti ini juga cocok digunakan untuk tangga minimalis. konsep yang paling pas untuk anak tangga dari kaca ini adalah desain tangga melayang, dengan tambahan railing tangga minimalis yang terbuat dari kaca atau kombinasi  kaca dan stainless steel tentunya akan semakin mempercantik penampilan tangga kaca tersebut.

Jika ingin  menggunakan anak tangga dari kaca ada baiknya jika mendiskusikan hal ini dengan desain interior kepercayaan Anda atau dapat juga mendiskusikan hal ini dengan toko penjual tangga, agar mendapatkan gambaran detail tentang anak tangga dari bahan kaca yang aman dan railing tangga minimalis dari kaca seperti apa yang cocok untuk tangga tersebut.

Kayu

Jenis anak tangga ini termasuk salah satu material tangga yang paling sering digunakan. Menggunakan tangga dari kayu, akan membuat kesan elegan, klasik, mewah, minimalis, artistik, dll. Semua itu tergantung dari desain tangga yang akan digunakan, dan jenis kayu yang akan digunakan. Material kayu dengan warna cerah akan membuat tangga terkesan simple, dan juga artistik. Material kayu berwarna gelap akan membuat tangga terkesan elegan, mewah, namun bisa juga  terkesan sederhana.

Anak tangga dari material kayu ini dapat digunakan dalam berbagai model tangga minimalis, namun yang membedakan hanyalah railing tangga seperti apa yang akan digunakan kelak. Untuk anak tangga dengan material kayu, biasanya dapat dipadankan dengan railing tangga minimalis yang terbuat dari bahan kayu, kaca, stainless steell, atau bahkan kombinasi dari 2 material tertentu.

Keramik

Ini juga yang dapat digunakan untuk membuat sebuah anak tangga. Bahan keramik atau pada bagian bawahnya terbuat dari beton atau semen adalah material yang sering atau banyak digunakan di berbagai tangga. Tangga jenis ini juga termasuk awet dan tahan lama, selain itu membuat tangga seperti ini cenderung lebih mudah dibanding membuat tangga dari material lainnya. Maka dari itu tidak heran jika ada banyak orang yang menggunakan tangga seperti ini.

Anak tangga dengan material keramik ini dapat digunakan pada berbagai model tangga dengan konsep minimalis. Sedangkan untuk railing tangga tentunya dapat dipadankan dengan berbagai macam bahan, seperti kaca, besi, stainless stell, kayu, dll. Kombinasi 2 material railing tangga minimalis juga dapat digunakan dengan anak tangga dari bahan keramik ini.

Besi

Ini juga salah satu material yang digunakan dalam sebuah konsep rumah minimalis. Material anak tangga dari besi yang ada saat ini tidak banyak, dan biasanya berbentuk 1 paket tangga beserta railing nya. Penggunaan tangga seperti ini tentunya sangat cocok untuk tangga di luar ruangan atau di dalam ruangan. Dengan tangga dan railing tangga minimalis tentunya akan membuat semarak sebuah rumah. Untuk masalah warna, tentunya dapat disesuaikan dengan warna ruangan dari tangga tersebut.

Material lain

Ada juga beberapa material anak tangga minimalis dari bahan lain seperti campuran antara kaca dan juga plastik, atau material lain. Material seperti ini juga perlu dicari railing tangga minimalis yang pas dengan material tersebut. Dengan demikian maka penampilan tangga akan semakin cantik dan artistik

Macam-macam bahan pegangan tangga

Setelah puas membahan masalah anak tangga untuk kosep minimalis maka hal yang perlu dibahas selanjutnya adalah railing tangga minimalis. Seperti bahasan sebelumnya, saat ini ada banyak sekali material yang dapat dipergunakan dalam railing tangga dengan konsep minimalis, kita dapat menggunakan 1 macam bahan untuk 1 buah tangga atau kita dapat menggunakan 2 macam material /kombinasi untuk 1 buah tangga.

Railing Tangga Stainless steel

Ini adalah salah satu bahan yang paling banyak digunakan dalam sebuah railing tangga minimalis. Penggunaan bahan ini cukup simple, dan dapat diaplikasikan pada beberapa bahan anak tangga dan beberapa desain tangga. Kebanyakan railing tangga minimalis menggunakan desain minimalis dan desain klasik. Kita dapat menyesuaikan desain tersebut dengan bahan anak tangga dan desain tangga itu sendiri. Menggunakan konsep desain vertikal atau horizontal dengan menyesuaikan ukuran stainless stell tentu akan menjadi solusi menarik untuk mendapatkan  railing tangga minimalis yang diinginkan.

Kayu

Railing tangga minimalis dari bahan kayu juga termasuk ke dalam salah satu bahan railing yang paling sering digunakan. Saat ini ada berbagai macam bahan kayu yang dapat digunakan untuk membuat railing tangga minimalis ini. Selain itu warna kayu yang akan digunakan juga perlu diperhatikan agar sesuai dengan konsep dan juga desain tangga yang digunakan. Kita dapat menggunakan konsep railing tangga horizontal atau vertikal, dengan ukuran kayu yang tentunya disesuaikan.

Kaca

Railing tangga minimalis dari bahan kaca juga termasuk railing yang sering digunakan. Menggunakan railing yang terbuat dari kaca ini membuat tangga terkesan lebih luas dan tampak tidak ada batasan. Ini yang membuat orang saat ini menyukai railing tangga minimalis dari bahan kaca. Ketika menggunakan railing tangga dari bahan kaca ada baiknya bagian tepi dari kaca tersebut diberi pengaman agar tidak terjadi luka, pada penggunan tangga tersebut.

Modifikasi

Ada juga beberapa railing tangga minimalis modifikasi, dimana railing yang akan digunakan mengkombinasikan minimal 2 macam material, seperti stainless steel dan kaca, stainless steel dan kayu, dan kayu dan kaca. Dengan menggunankan railing tangga kombinasi ini tentunya akan semakin menambah cantik sebuah tangga.

Railing unik

Kita juga dapat membuat railing tangga minimalis  namun unik, seperti membuat railing dari bahan besi yang didesain menyerupai sebuah pohon lengkap dengan dahan yang menjadi railing pada tangga yang dibuat, atau kita dapat membuat railing tangga dengan konsep tirai bambu, atau konsep unik railing tangga minimalis lainnya.

Harga membuat tangga dan harga railing tangga

Dengan banyaknya pilihan tangga minimalis dan juga railing tangga minimalis yang ada tentunya sedikit membuat kita merasa bingung akan menggunakan atau memilih desain yang seperti apa. Sebetulnya tidak perlu terlalu pusing. Yang perlu dilakukan adalah memahami dengan baik konsep ruangan yang ada, dan juga memilih konsep tangga yang akan digunakan. Setelah itu kita dapat mencari tahu berapa budget yang diperlukan untuk membuat tangga idaman tersebut.

Kita dapat melakukan survei ke beberapa toko atau perlengkapan tangga. Atau kita juga dapat mencari tahu di mesin pencari, cara tersebut dinilai lebih praktis dan juga efisien.Dengan demikian maka kita akan dapat menghitung dengan baik berapa biaya yang diperlukan untuk membuat tangga tersebut. Jika dinilai terlalu besar, maka kita dapat mencari alternatif lain yang pas untuk konsep tangga yang diinginkan. Cari jasa pembuatan tangga minimalis dan railing tangga minimalis yang terpercaya agar tangga awet dan aman untuk digunakan.

Featured Customers

Kami Siap Melayani Anda

Kami melayani jasa pembuatan Aluminium, folding gate dan aneka folding gate dari besi, galvalum, aluminium, kayu dengan type automatic maupun manual lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda di Jakarta barat, timur, selatan dan utara, Depok, Tangerang dan Bekasi, dengan kualitas terjamin dengan Harga Murah.

Whatsapp Kami