Pintu Aluminium

Pintu rumah merupakan hal yang krusial dan menjadi salah satu pengaman utama di sebuah rumah. Ada berbagai macam jenis pintu rumah dan bahan dari pintu rumah itu sendiri. Ada yang terbuat dari kayu, aluminium, kaca, dan lain sebagainya. Bila anda memilih untuk menggunakan pintu dari bahan aluminium, maka ada beberapa kelebihan atau keuntungan yang akan anda dapat.

Keuntungan pertama yang anda dapatkan bila memilih pintu aluminium adalah anda akan terhindar dari perasaan was-was saat musim pancaroba datang. Seperti yang kita ketahui bila pancaroba tiba, pintu yang terbuat dari kayu akan mulai getas karena termakan cuaca.

Hal ini tidak terjadi bila anda memilih pintu yang berbahan aluminium. Warna aluminium juga tidak akan pudar. Masih banyak lagi keuntungan yang akan anda dapat.

Disini Indosteel menyediakan aneka kebutuhan rumah anda, termasuk Kusen pintu aluminium, Jendela dan Pintu Aluminium , yang dikerjakan dengan tenaga ahli yang professional dan dibuat dengan bahan pilihan yang berkualitas.

Swing
Start From 1,8jt/unit
Spesifikasi
Warna Anodize, Coating, Urat Kayu
Ukuran Kaca 5 s/d 12 mm
Engsel, Handle, Kunci
Katalog
Geser
Start From 1,95jt/unit
Spesifikasi
Warna Anodize, Coating, Urat Kayu
Ukuran Kaca 5 s/d 12 mm
Engsel, Handle, Kunci
Katalog
Panel Garis
Start From 2,1jt/unit
Spesifikasi
Silver, Coklat, Hitam, Putih
Panel Garis lebar 7,5 cm
Engsel, Handle, Kunci
Katalog
Spanrell
Start From 1,5jt/unit
Spesifikasi
Warna Silver, Coklat
Panel Garis lebar -+ 7,5 cm
Engsel, Handle, Kunci
Katalog
Serat Kayu ACP
Start From 3jt/unit
Spesifikasi
Warna Urat Kayu
ACP Panel SEVEN /Setara
Engsel, Handle, Kunci
Katalog
Polos
Start From 2,5jt/unit
Spesifikasi
Warna Full Colour
ACP Panel SEVEN /Setara
Engsel, Handle, Kunci
Katalog
Ruang Terbuka
Start From 3jt/unit
Spesifikasi
Warna Silver, Coklat, Hitam, Putih
Ukuran Kaca 5 s/d 12 mm
Rell Dekson / Setara
Katalog
Ruangan
Start From 3,5jt/unit
Spesifikasi
Warna Silver, Coklat, Hitam, Putih
Ukuran Kaca 5 s/d 12 mm
Rell Dekson / Setara
Katalog
Garasi
Start From 4,2jt/unit
Spesifikasi
Warna Silver, Coklat, Hitam, Putih
Panel garis/ACP
Rell WINA / Setara
Katalog

Keunggulan Pintu Alumunium

Detail Keunggulan

Mengenal Kelebihan Pintu Aluminium Sebelum Membeli

Pintu aluminium merupakan salah satu jenis pintu yang kerap kita jumpai. Penggunaannya paling banyak ditemui di perkantoran, rumah sakit, ruko, rukan dan perhotelan. Seiring berkembangnya waktu, pintu aluminium pun mulai banyak diterapkan untuk perumahan atau rumah berkonsep minimalis yang identik dengan gaya hidup masyarakat modern.

Perkembangan fungsi dan penggunaannya tersebut tentu diimbangi dengan variasi desain dan model yang tersedia. Meski material dasarnya aluminium, kini sudah banyak desain dengan motif menarik. Pintu Aluminium urat kayu misalnya, penampakannya yang apik menambah nilai estetika sebuah bangunan atau ruangan dan kerap mengecoh sejumlah orang. Mereka tidak akan mengira bahwa pintu tersebut berbahan aluminium.

Tak hanya itu, penyedia jasa atau penjual pintu aluminium kini semakin mudah dijumpai dan tawaran harga yang bersaing. Nah, bagi Anda yang ingin membeli atau memesan pintu aluminium tapi masih bingung, simaklah pembahasan detail mengenai pintu aluminium berikut ini. Selain memberikan informasi, memahami seluk beluk pintu aluminium juga dapat menghindari tindak kriminal seperti penipuan.

Kelebihan dan Kekurangan Pintu Aluminimum

Pintu berbahan aluminium memang belum dikenal baik secara luas, namun sudah banyak bangunan, baik itu pribadi maupun industri seperti mall dan rumah sakit yang menggunakan pintu aluminium. Penerapannya lebih sering dipadu-padankan dengan bangunan modern, sehingga menambah kesan mewah.

Lalu, apakah yang membuat pintu ini menarik dan dinilai sangat cocok dengan bangunan modern? Berikut sejumlah keunggulan pintu aluminium dibanding pintu lainnya. Selain itu juga akan dibahas kelemahannya untuk bahan referensi Anda sebelum memilih pintu aluminium yang memiliki beragam jenis.

Kelebihannya:

  • Bahan terbuat dari aluminium. Bahan tersebut sudah dikenal tidak mudah korosi (tidak berkarat), aman, ringan dan tahan lama jika dibanding pintu model lainnya.
  • Tidak perlu di cat dan warna tidak akan berubah. Kondisi dasarnya sudah dilengkapi pelindung langsung dari pabrik pembuatnya sehingga tak diperlukan mengecat ulang. Ini menambah nilai ekonomis dan menghemat biaya juga tenaga.
  • Bentuknya rapi, elegan, mewah dan terkesan minimalis. Umumnya terdapat banyak pilihan warna dan jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan juga keinginan Anda.
  • Tahan segala cuaca. Keunggulan lain yang dimiliki pintu aluminium ialah daya tahan yang sangat baik ketika diterpa sinar matahari maupun air hujan.
  • Anti rayap. Jika pintu kayu membuat kita khawatir keropos dimakan rayap, pintu aluminium adalah solusinya. pintu jenis ini tidak hanya praktis dan kuat namun tahan terhadap serangan rayap.
  • Perawatannya mudah. Anda hanya perlu membersihkannya minimal 2 kali seminggu untuk menjaganya tetap mengkilap seperti sedia kala.

Kekurangannya:

  • Secara harga relatif lebih mahal atau tinggi ketimbang pintu jenis lainnya. Hal ini tentu sebanding dengan beragam kelebihan yang ditawarkan pintu aluminium. Pintu jenis ini juga sangat cocok jika dipadukan dengan gaya hidup modern dan bangunan minimalis.
  • Rawan terhadap benturan keras. Hal ini bersifat relatif tergantung bahan yang digunakan dan perawatannya. Namun, umumnya jika pintu aluminium terbentur cukup keras bisa mengurangi kecantikan bentuknya alias penyok.
  • Harus hati-hati dengan sifat aluminium sebagai penghantar arus listrik. Aluminium merupakan konduktor arus listrik dan panas, jadi harus hati-hati dalam kondisi tertentu agar tidak merambat melalui pintu. Itulah sebabnya Anda harus menerapkan sistem yang baik dalam penerapannya.

Keunggulan Secara Material Jendela Dari Aluminium Pada Properti

Dalam penggunaan atau penerapannya, pintu aluminium memiliki cukup banyak varian. Baik itu dari segi materialnya, modelnya, warnanya hingga mereknya. Varian pilihan tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

1. Pintu Aluminium dilihat dari material pendukungnya

– Pintu aluminium kaca
Pintu aluminium kaca merupakan yang paling banyak dilirik dan digunakan oleh masyarakat. Secara model rangkanya berbahan aluminium sedangkan badannya dari material kaca. Pintu jenis ini kerap dipakai untuk perkantoran. Selain modelnya yang praktis dan menarik, pintu aluminium kaca juga memiliki harga jual yang sangat bersaing. Anda bisa membandingkan harganya dengan pintu lain seperti pintu berbahan kayu atau PVC dengan melihat kelebihan dan kekurangannya.

– Pintu Kasa aluminimum expanda (pintu aluminium kawat nyamuk)
Nama lain dari pintu jenis ini ialah pintu aluminium kawat nyamuk. Hal ini lantaran fungsinya yang digunakan untuk mencegah nyamuk lewat atau memasuki ruangan. Pintu jenis ini sebenarnya tujuan utamanya ialah sebagai pengaman untuk mencegah kemalingan, namun karena aanya material kasa (kawat) nyamuk sehingga fungsinya bertambah dan cukup diminati masyarakat. Bahan yang digunakan untuk kawat (kasa) nyamuk beragam, namun yang paling baik dan disarankan ialah berbahan aluminium yang memiliki banyak kelebihan, seperti daya tahan dan kekuatannya.

– Pintu aluminium panel
Pintu alumunium panel merupakan salah satu jenis yang masih jarang ditemui dan digunakan masyarakat. Penyebabnya karena harga jualnya yang masih cukup mahal jika dibandingkan dengan pintu jenis lainnya. Dari bentuknya, keseluruhan badan pintu aluminium panel berbahan aluminium, termasuk rangkanya. Penerapannya biasanya digunakan untuk pintu utama maupun pintu kamar mandi. Desain yang tersedia biasanya juga lebih elegan dan mewah.

2. Pintu aluminium dilihat dari modelnya (cara buka)

– Pintu swing
Pintu aluminium swing adalah yang paling biasa dan mudah ditemui. Umumnya digunakan di perkantoran dan rumah sakit. Cara bukanya ialah dengan diayun ke arah samping. Model pintu ini bisa diterapkan dengan satu pintu atau dua pintu, tergantung peletakan dan desain yang diinginkan.
– Pintu sliding
Sesuai namanya, pintu aluminium sliding dibuka dengan digeser ke kanan maupun ke kiri. Pintu ini juga kerap disebut dengan nama pintu geser. Pintu aluminium model ini juga cukup banyak digunakan oleh masyarakat.

– Pintu lipat
Sering juga disebut pintu folding door aluminium. Pintu ini cara bukanya dengan melipat beberapa daun pintu. Karena dilipat tersebut, pintu jenis ini minimal harus terdiri dari dua pintu yang saling bergandengan satu dengan lainnya. Pintu aluminium lipat biasanya digunakan untuk garasi, pintu akses ke taman hingga pintu yang memisahkan dua ruangan luas. Secara fungsi pintu ini memang dibuat untuk memisahkan dua ruangan yang yang cenderung luas.

Pintu ini dianggap multifungsi karena memisahkan dua ruangan dengan sekat dan bisa dibuka kapan saja. Begitu pula dari segi estetika yang bisa menambah nilai keindahan suatu ruangan. Sementara yang dianggap kelemahannya ialah tidak banyaknya desain yang tersedia. Pintu aluminium tidak mudah dibentuk seperti pintu dari bahan lainnya, meski demikian tetap memiliki daya tarik karena desainnya sudah dipikirkan dengan baik oleh pembuatnya.

– Rolling door aluminium
Sesuai namanya bahan dasar rollong door adalah slet daun berbahan aluminium. Ketebalannya biasanya berkisar sekitar 1 mm. Penggunaannya umumnya untuk pintu garasi, toko, kantor maupun untuk penyekat ruangan yang sempit. Jenis ini dibedaan berdasarkan rel geser yang digunakan yakni rel atas dan rel bawah. Rel atas memiliki kelebihan penampakan yang praktis dan simple. Anda pun tak perlu khawati bakal tersandung rel. Kelemahannya, biasanya sedikit goyang karena tidak memiliki rel bagian bawah. Kebalikannya, rel bawah jauh lebih stabil penggunaannya namun kelemahannya khawatir tersandung.

Sementara itu dari sistem penggunaannya, pintu jenis ini sudah mengalami perkembangan. Kini pintu ini biasanya dilengkapi motor penggerak dan sensor yang membuka sendiri, pemicunya ialah suhu badan orang-orang yang mendekati pintu.

3. Pintu aluminium dilihat dari warnanya

Pintu aluminium memiliki banyak sekali variasi warna yang menarik. Mulai dari warna standar seperti netral, hitam, cream, coklat, silver dan masih banyak lagi. Semantara untuk warna-warna powder coating  polos atau standar umumnya ada hijau, merah, cream, putih dan masih banyak lagi pilihan warna. Secara harga tentu warna powder coating sedikit lebih tinggi dari yang warna standar.

Warna aluminium lain atau powder coating yang cukup populer dan disukai masyarakat ialah yang memiliki motif. Baik itu motif bergaris sederhana hingga bermotif urat kayu. Dari segi keindahan, pintu aluminium urat kayu sangat berseni, elegan dan dapat mempercantik tampilan rumah Anda. Pewarnaan dan desain baik yang ditawarkan pembuatnya membuat sebagian orang terkadang tak mengira kalau pintu Anda terbuat dari aluminium.

Untuk ketahanannya, pabrik pembuat pintu alumunium coating powder menjamin pewarnaan tersebut akan awet dan anti mengelupas. Jika perawatannya dilakukan secara benar, pintu aluminium coating powder bisa bertahan 5 hingga 10 tahun.

4. Pintu aluminium dilihat dari merek bahannya

Pintu aluminium memiliki sejumlah merek dengan masing-masing kelebihan dan kekurangannya. Merek-merek yang beredar di Indonesia dan cukup populer dikalangan masyarakat antara lain, YKK, Alcan, Supereks, Indal, Aleksindo, Alco, Alcomeks dan Aluprima. Penyebutan merek bahan tersebut merupakan dari yang paling mahal hingga termurah. Bahan standar yang digunakan penyedia pintu aluminium biasanya dari Aleksindo. Merek inisudah sangat terkenal dan menjamin kualitasnya. Meski demikian Anda dapat memesan merek bahan sesuai keinginan dan harga yang berlaku tentunya.

Produk Pintu Alumunium yang Banyak Ditawarkan

Pintu aluminium cukup memiliki banyak peminat terutama di kalangan masyarakat yang hidup dan menyukai gaya modern nan berkelas. Anda dapat memilih varian pintu aluminium yang tersedia dengan harga bersaing dan desain berkelas sesuai kebutuhan dan keinginan. Meski sudah dibagi berdasarkan jenisnya yang beragam seperti disebutkan di atas, sejumlah produsen, penjual atau penyedia jasa pintu aluminium memberikan nama-nama produk sendiri, diantaranya seperti pintu Alluminio, pintu Orliva dan pintu Bellano. Apakah itu?

Secara garis besar, nama-nama tersebut dibedakan berdasarkan material bahan pintu. Alluminio misalnya, pintu ini serupa dengan pintu aluminium panel, dimana seluruh materialnya berbahan aluminium. Varian desainnya dan ukurannya sangat beragam. Komposisi pintu Alluminio antara lain frame yang kokoh, kusen, panel, engsel dan kunci. Merek bahan-bahan tersebut biasanya tergantung ketersediaan dan permintaan Anda.

Sementara pintu Orliva serupa dengan pintu aluminium kaca yang bahan-bahanya merupakan kombinasi dari aluminium-kaca. Sama dengan Alluminio, pintu ini juga tersedia dalam varian desain, ukuran dan juga komposisi bahan berkualitas baik. Perbedaannya hanya dari segi harga dan material yang dipakai. Selain itu juga produk dengan nama lain seperti pintu Bellano, pintu 9055 dan pintu 2000, pintu kamar mandi, pintu garasi dan lain sebagainya. Kurang lebih jenisnya sama dengan yang dijelaskan sebelumnya. Yang membedakan hanyalah desain dan fungsinya.

Perhitungan dan Harga Pintu Aluminium

Dari segi harga pintu aluminium dibedakan berdasarkan jenis-jenisnya. Dimana didalamnya termasuk bahan material, model atau desain, warna hingga merek bahan yang digunakan. Perhitungan harga pintu aluminium perunit biasanya terdiri dari rangka pintu, engsel, kunci dan handel. Harganya bervariasi tergantung kualitas, ukuran, ketebalan dan merek yang dipakai.

Untuk merek bahan hingga, YKK adalah yang termahal dan paling bagus kualitasnya. Kisaran harganya mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung jenis dan ukuran inchinya. Sementara merek lain seperti Aleksindo juga masih memiliki kualitas baik dengan harga relatif lebih murah. Secara umum, untuk memiliki atau memasang pintu aluminium memerlukan budget ratusan ribu hingga jutaa rupiah. Jadi bagi Anda yang membutuhkannya, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui informasi detail terkait pintu aluminium dan menyesuaikan dengan biaya pengeluaran yang direncanakan. Hal ini untuk menjaga stabilitas keuangan Anda.

Tips Merawat Pintu Aluminium

Meski perawatannya mudah dan rendah, Anda yang memiliki atau hendak membeli pintu berbahan aluminium juga wajib mengetahui cara tepat dan benar membersihkan pintu tersebut. Hal ini untuk menjaganya tetap awet baik dari segi kekuatan maupun penampilannya. Anda tidak perlu merawatnya secara rutin karena memang itu kelebihan pintu aluminium. Akan tetapi, jauh lebih baik jika dibersihkan 2 kali dalam seminggu dari kotoran dan debu yang menempel. Cukup di lap dengan air bersih saja seperti merawat badan mobil atau kendaraan Anda.

Berikut tata cara dan tips membersihkan pintu aluminium yang tepat dan efektif :

  • Ketika membersihkan pintu aluminium sebaiknya mulailah dari yang paling atas. Hal ini agar tidak ada tetesan air yang mungkin tersisa di bagian bawah.
  • Semprot pintu aluminium yang berada di bagian luar rumah dengan air langsung dari keran yang tersambung lewat selang. Untuk bagian dalam Anda bisa menyemprotnya dengan semprotan kecil.
  • Bersihkan atau gosok menggunakan bahan pembersih aluminium. Bisa juga diganti dengan deterjen.
  • Jika anda menemukan sedikit karat pada pintu aluminium Anda, segeralah menghubungi jasa pembersih profesional untuk mengatasinya dan terhindar dari kerusakan parah seperti keropos.
  • Jika sudah selesai dibersihkan bilas dengan air bersih dan lap hingga kering.
  • Untuk pintu aluminium berbahan standar atau tidak menggunakan pewarnaan powder coating bisa dipoles untuk membuatnya tetap mengkilap. Anda bisa menggunakan sabut baja halus yang sudah dibasahi terlebih dahulu. Prosesnya mungkin memakan waktu cukup lama dan tidak wajib dilakukan.

Pintu aluminium juga kerap dikaitkan dengan alternatif solusi untuk mengurangi produksi dan penggunaan pintu berbahan kayu. Hal ini terkait isu ilegal logging dan global warming yang terus berkembang dan mengkhawatirkan beberapa tahun belakangan ini.

Nah, demi menjaga keseimbangan bumi dan menyelamatkan pohon dari kebutuhan manusia yang terus meningkat, ada baiknya kita mulai beralih menggunakan bahan lain yang tak kalah kualitasnya. Meski disebutnya bahan pengganti kayu, pintu aluminium nyatanya jauh lebih efektif dan efesien baik penggunaannya, biaya hingga perawatannya.

Satu hal lagi yang tak kalah penting, beli dan pesanlah pintu aluminium sesuai budget dan keinginan Anda di toko atau tempat yang terpercaya. Selain terhindar dari penipuan, Anda pun akan mendapatkan barang berkualitas, harga bersaing dan pelayanan baik untuk menjawab kebutuhan Anda akan pintu aluminium.

Featured Customers

Kami Siap Melayani Anda

Kami melayani jasa pembuatan Aluminium, folding gate dan aneka folding gate dari besi, galvalum, aluminium, kayu dengan type automatic maupun manual lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda di Jakarta barat, timur, selatan dan utara, Depok, Tangerang dan Bekasi, dengan kualitas terjamin dengan Harga Murah.